Selasa, 18 Oktober 2011

Ikan Glodok Bisa Meloncat

Do you want to share?

Do you like this story?




Ikan Glodok adalah ikan yang aneh, bisa hidup di air dan dilumpur. Ikan ini juga bisa meloncat seperti kodok. Orang jakarta bilang namanya Ikan boso atau ikan jorok. Namun sangat di cari di Jepang untuk dimakan, karena sangat baik untuk kesehatan terutama janin ibu hamil dan peningkat tenaga lelaki. Saat di darat glodok pun mencoba menggunakan sirip sebagai alat gerak yang seharusnya digunakan berenang di laut. Tapi tentunya itu tidak mudah.




Gelodok, belodok, belodog atau blodog adalah sekelompok ikan dari beberapa marga yang termasuk ke dalam anak suku Oxudercinae. Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan, terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan bakau ketika air surut. Nama-nama lainnya adalah tembakul, tempakul, timpakul atau belacak (bahasa Melayu), gabus laut, lunjat dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris disebut mudskipper, karena kebiasaannya melompat-lompat di lumpur itu.



Dari hasil penelitian Budiyanto pada tahun 1983, didalam lambung (ventriculus) ikan glodok di Sagara anakan, terdapat semut, lalat, ketam (Uca spp.), udang, ikan, kerang cumi-cumi dan sedikit algae. Sehingga disimpulkan ikan glodok banyak memangsa hewan dan juga diduga sedikit memakan tumbuhan. Ketika menjelajah daratan, gelodok juga sering menyerang dan mengusir gelodok yang lainnya, untuk mempertahankan teritorinya. Dari hasil penelitian Budiyanto pada tahun 1983, didalam lambung (ventriculus) ikan glodok di Sagara anakan, terdapat semut, lalat, ketam (Uca spp.), udang, ikan, kerang cumi-cumi dan sedikit algae. Sehingga disimpulkan ikan glodok banyak memangsa hewan dan juga diduga sedikit memakan tumbuhan. Ketika menjelajah daratan, gelodok juga sering menyerang dan mengusir gelodok yang lainnya, untuk mempertahankan teritorinya.

Saat ini telah teridentifikasi sebanyak 35 spesies ikan gelodok. Terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Boleophthalmus, Periophthalmus dan Periophthalmodon. Beberapa spesies contohnya adalah Pseudapocryptes elongatus, Periophthalmus gracilis, Periophthalmus novemradiatus, Periophthalmus barbarus, Periophthalmus argentilineatus dan Periophthalmodon schlosseri


Sumber:


YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements