Selasa, 18 Oktober 2011

Lama Duduk Bisa Memperpendek Umur

Do you want to share?

Do you like this story?



Bukannya menakut-nakuti, tetapi itulah fakta yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemoilogy edisi Juni. Jurnal tersebut menyatakan bahwa duduk dalam waktu yang lama, atau paling sedikit enam jam dalam sehari, dapat mengurangi umur orang dengan cepat.


Menurut para peneliti efeknya akan terasa setelah 13 tahun. Masih ragu dengan penelitian ini? Para peneliti telah melakukan penelitian “duduk lama” ini selama 14 tahun, pada 123 ribu orang. Dan hasilnya, orang yang duduk selama enam jam atau lebih tiap harinya mempunyai risiko untuk mati muda paling besar. Lalu bagaimana untuk mencegahnya? Meskipun terdengar klise, tetapi cara untuk mencegahnya adalah dengan berolahraga rutin selama 30 menit, lima hari dalam seminggu.

Secara umum diketahui orang-orang yang terlalu banyak duduk dan tidak pernah berolahraga memiliki risiko kematian lebih tinggi lagi, yakni 94 persen pada wanita dan 48 persen pada pria. Olahraga teratur, bahkan yang dilakukan sebentar, akan mengurangi risiko kematian akibat kebiasaan duduk lama.

"Semakin lama Anda duduk, makin sedikit energi yang dipakai. Hal ini lama-lama bisa menyebabkan kegemukan dan berpengaruh pada metabolisme," kata Dr Alpa Patel, ahli epidemiologi dari American Cancer Society.

Sumber:

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements